Rabu, 04 Januari 2017

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Pria & Wanita


Kemangi adalah daun yang biasa digunakan sebagai lalapan makanan. Selain itu, tahukah anda bahwa terdapat manfaat daun kemangi atau khasiat daun kemangi. Manfaat daun kemangi atau khasiat daun kemangi sangat beragam, mula dari manfaat untuk laki-laki, wanita, ibu hamil, dan bayi. Manfaat daun kemangi dapat dijadikan obat untuk kesehatan yang berkhasiat untuk asam urat, asma, ejakulasi dini, sakit kepala, keseburan, sperma, penghilang bau badan, untuk rahim, ASI, anak, cepat hamil, penggunaan zat adiktif, jerawat, kejantanan pria, kulit, wanita hamil, wajah, wajah berjerawat. Manfaat daun kemangi atau khasiat daun kemangi tidak hanya itu saja masih banyak lagi khasiat daun kemangi untuk menambah wawasan anda. Dari manfaat daun kemangi, dapat kita lakukan pembagian manfaat daun kemangi atau khasiat daun kemangi kedalam dua kategori yaitu manfaat daun kemangi untuk kesehatan, manfaat daun kemangi untuk kecantikan kulit dan rambut.

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Pria & Wanita

Mengungkap manfaat daun kemangi mulai dari awal yaitu mengenal nama latin kemangi yaitu Ociumum sanctum L. Daun kemangi sangat mudah dijumpai di pasar tradisional dengan harga yang relatif murah. Aroma yang khas, kuat sekaligus lembut dengan sentuhan wangi sitrun. Karena itulah, manfaat daun kemangi dan cara mengolahnya mengundang selera makan dan dapat menambah lezat hidangan. Daun kemangi lazim disantap mentah sebagai lalapan, bersama-sama daun kol, mentimun dan sambal sebagai pelengkap makanan warung yaitu ayam atau ikan goreng.

Baca jugaIni Alasannya Mengapa Berat Badan Saat Bangun Tidur Terasa Lebih Ringan

Selain manfaat daun kemangi sebagai lalapan,  manfaat daun kemangi tidak hanya sebagai lalapan, namun daun kemangi dapat digunakan dalam sajian laksa atau nasi ulam khas Betawi. Ada banyak daerah yang memanfaatkan daun kemangi dalam berbagai sajian makanan yang tentu saja itu karena aroma khas daun kemangi yang berkhasiat menambah selera makan selain di betawin juga di jawa timur pada nasi krawu, botok, transam (urap), atau pencen tempe. Manado pada bubur gurih komplit ala Manado dilengkapi sebagia sajian daun kemangi.

Tidak hanya di dalam negeri atau di Indonesia saja yang menggunakan manfaat daun kemangi sebagai pelengkap makanan, manfaat daun kemangi pada hal ini dimanfaatkan beberapa negara yaitu India dan sebagian afrika yang biasa menyeduh teh daun kemangi sebagai ganti seduhan daun teh asli. Teh kemangi yang lazim disajikan di saat pergantian musim, yang mana disaat itu banyak orang terserang penyakit gangguan kesehatan mulai dari batuk, pilek atau demam sehingga banyak yang menggunakan manfaat daun kemangi pada musim tersebut.

Baca juga: 5 Tanaman Untuk Mengusir Nyamuk

Sedangkan bagi orang Eropa biasa menggunakan manfaat daun kemangi atau khasiat daun kemangi  dari mengestraksi minyak asiri dari kemangi sebagai bahan campuran obat dan kosmetika untuk perawatan tubuh, misalnya sabun mandi, parfum, body lotion, permen pelega tenggorokan, minyak aromaterapi, dan minyak gosok.

Manfaat daun kemangi atau khasiat daun kemangi untuk orang Sunda yang menyebut daun kemangi sebagai surawung. Orang Thailand menyebut daun kemangi dengan maenglak, dan dalam bahasa Inggris daun kemangi disebut dengan lemon basil.

Sumber : Manfaat daun kemangi